Menjadi Perempuan Pemimpin yang Tangguh

Menjadi perempuan tangguh, mandiri, dan sukses merupakan harapan banyak perempuan. Namun, untuk mencapai hal tersebut seringkali kita merasa kecil hati karena merasa tidak memiliki kriteria untuk menjadi seorang perempuan tangguh.

Pada dasarnya, Setiap orang merupakan ā€ˇpemimpin bagi dirinya sendiri. Namun untuk memimpin orang lain dibutuhkan kemampuan khusus dan karakter yang spesial. Terlebih lagi untuk para wanita yang kerap diremehkan kemampuannya dalam bidang kepemimpinan.

Namun saat ini, tidak sedikit perempuan yang telah berhasil menjadi seorang pemimpin. Contohnya Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti terpilih jadi salah satu tokoh perempuan Indonesia pembawa perubahan dalam politik dan pemerintahan berdasarkan berita DITJEN IKP.Nah, untuk menjadi sukses hingga mencapai posisi pimpinan, wanita harus memiliki sejumlah karakteristik, antara lain.

Percaya diri

Pastikan bahwa Anda meluangkan waktu untuk merasa nyaman dengan diri anda sendiri, peran Anda, keahlian Anda, serta kualitas yang Anda miliki. Dengan cara ini, Anda dapat mengidentifikasi kelemahan atau hal-hal yang mungkin perlu Anda upgrade.

Membangun jaringan

Penting bagi seseorang untuk memiliki jaringan yang kuat jika ingin mencapai karier dan kesuksesan. Karena itu, luangkan waktu untuk membangun jaringan baik secara profesional maupun pribadi untuk membantu Anda mencapai keberhasilan yang dicita-citakan sejak dulu. Karena itu, sebagai wanita dengan jiwa pemimpin, Anda harus memiliki jaringan yang kuat.

Tahu yang layak untuk Anda

Jangan hanya memikirkan apa yang harus Anda kerjakan. Tetapi Anda juga berhak menyeleksi apa saja yang layak untuk Anda. Sebagai wanita, Anda mungkin sering menerima perlakuan apa saja yang diberikan orang lain selama tidak mengganggu kehidupan Anda. Tapi sudah saatnya Anda berpikir bahwa hidup Anda layak untuk nilai yang lebih. Suarakan apa yang Anda inginkan dan jangan takut mengatakannya pada orang lain.

Refleksi diri

Anda harus bisa menerima kenyataan bahwa tidak semua hal bisa dilakukan dan dimiliki. Bisa menerima, artinya Anda juga harus bisa memberi. Buatlah percakapan dengan hati nurani sendiri tentang apa yang sudah Anda terima dan berikan kepada orang lain. Sehingga Anda tidak menjadi orang yang egois dan mengabaikan orang lain.

Berani mengambil risiko

Mengambil risiko adalah sifat alami seorang perempuan yang sukses, karena terkadang kesuksesan tercapai setelah Anda berani ambil risiko. Tentu saja risiko di sini bukan berarti risiko aneh seperti membuka situs kencan online saat meeting dengan atasan.

Wanita yang sukses akan pergi ke tempat yang tidak diinginkan wanita lain, baik secara profesional maupun geografis. Dia akan meminta promosi negosiasi gaji yang layak tanpa takut ditolak. Dia berani mengambil proyek kantor dan menjalankannya, karena tahu kapasitasnya mumpuni.

Seorang pemimpin, bukan pengikut

Anda tidak akan pernah menemukan perempuan yang percaya diri dan sukses mengikuti kerumunan. Seorang wanita sukses tidak akan setuju dengan rekannya jika dia benar-benar tidak mendukung keputusan tersebut. Dia berpikir dan berbicara untuk dirinya sendiri.

Dia mengakui kalau dia salah

Mengakui kesalahan mereka bukanlah hal yang mudah. Perempuan tangguh akan mengakui kesalahannya, meminta maaf jika perlu dan terus maju seperti layaknya perempuan kuat.

Perempuan tangguh tidak malu untuk memaafkan

Sementara beberapa enggan untuk memaafkan, seorang perempuan tangguh tahu dia lebih baik mendapat pengampunan daripada menyimpan dendam. Pengampunan adalah kunci untuk membebaskannya dari rantai kebencian, jadi dia akan memaafkan kesalahan Anda, tetapi jangan salah, bukan berarti ia akan membiarkannya terjadi lagi.

Jangan berhenti

Kita semua pernah menghadapi tantangan tetapi yang terpenting bahwa Anda tidak pernah menyalahkan kegagalan atau kemunduran untuk menjadi seorang wanita di dunia pria. Sebaliknya, carilah hal yang dapat Anda kerjakan dan ambil pengalaman dari sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *