Apa Itu Marketing Dan Perbedaanya Dengan Sales

Dalam dunia bisnis pasti sering mendengar karyawan yang bekerja sebagai marketing dan sales.  Namun masih banyak sekali masyaraka yang belum bisa dengan tepat mendefinisikan arti dari kedua pekerjaan tersebut. Banyak yang mengira bahwa kedua pekerjaan tersebut selalu berurusan dengan penjualan pada sebuah produk yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan. Memang kedua pekerjaan tersebut sama – sama untuk menghasilkan peningkatan pada penjualan sebuah produk. Tapi secara menyeluruh kedua pekerjaan tersebut memiliki perbedaan. Pemahaman ini menjadi hal yang penting bagi anda yang ingin mendaftar pada sebuah pekerjaan. Jika anda belum paham perbedaan dari keduanya maka akan sangat beresiko saat bekerja. Karena tugas dari kedua pekerjaan ini berbeda. Jadi saat melakukan pekerjaan kedua pekerjaan ini memiliki porsi dan target sendiri dalam sebuah penjualan.

Job Description Marketing

Jika berbicara tentang marketing maka hal yang harus dibahas pertama kali adalah Job Description Marketing. Perlu diketahui bahwa marketing merupakan keseluruhan dari sebuah keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis. Hal tersebut meliputi perencanaan produk, penetapan harga dan promosi sebuah produk serta sistem distrbusi sebuah produk. Berbeda dengan sales, secara sederhana salaes merupaka kegiatan yang terfokus pada penjualan sebuah produk atau jasa. Oleh karena itu dalam sebuah sistem bekerja memiliki porsi yang berbeda.

Untuk sistem kerja dari marketing sendiri yang pertama adalah melakukan perencanaan dalam menghasilkan prosuk. Seorang marketing harus paham dengan produk yang dihasilkan dan akan dipasarkan. Hal ini meliputi modal yang dibutuhkan hingga keuntungan yang akan didapatkan. Selanjutnya adalah penentuan harga, hal ini akan ditentukan setelah proses perencaan dari sebuah produk selesai dibahas. Dengan begitu marketing bisa menentukan harga untuk satuaan atau untuk grosis atau pembelian dengan jumlah banyak. Kemudian marketing akan menentukan sistem promosi dari sebuah produk. Tentu saja juga harus memperhitungan keuntungan yang bisa didapatkan, jadi marketing akan memprediksi apakaha dengan melakuka prosmosi dapat berjalan efektif atau tudak. Selain itu juga menentukan cara untuk promosi dengan menggunakan berbagai perhitunga. Setelah itu marketing akan menetukan bersaran barang yangakan di ditribusikan. Dengan melihat penjualan sebelumnya marketing akan menentukan jumlah barang yang akan didistribusikan.

Apa yang dimaksud Marketing

Jadi dapat disimpulkan bahwa kerja dari marketing lebih kompleks dari pada sales. Lalu apa yang dimaksud marketing. Akan sedikit membingungkan memang. Maka dapat dijabarkan bahwa marketing adalah elemen penting dalam sebuah perusahaan yang bertugas mengelola produk dari sebuah usaha atau perusahaan. Jadi dalam marketing ada bagian – bagian yang akan ditugaskan sesuai dengan sistem kerja diatas.

Secara sederhana, marketing adalah sebuah badan yang bertugas untuk mengelola produk berupa barang atau jasa sehingga dapat mencapai penjualan yang maksimal. Dengan begitu sales juga termasuk bagian dari kerja marketing. Namun perkerjaan marketing akan lebih banyak dan komplkes. Untuk sales sendiri adalah pekerjaan yang terfokus pada penjualan barang serta bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Jadi akan dangat terlihat pebedaan yang mencolok antara marketing dan sales. Karena tugas marketing juga membahas tentang kepuasan dari konsumen terhadap produk. Jika konsumen tidak puas maka marketing akan melakukan atau mencari cara untuk memperbaiki sebuah produk tanpa mengurangi keuntungan perusahaan.

Beda Sales dan Marketing

Jika masih bingung dengan beda sales dan marketing maka akan dibahas menurut kerja langsung dalam sebuah perusahaan. Berikut ini adalah perbedaan yang mencolok dari sales dan marketing

  1. Sasaran

Marketing akan lebih terfokus terhadap kualitas produk dan menetukan sasaran yang tepat. Maka marketing akan banyak memikirkan strategi untuk menjakau sasaran dari produk tersebut. Sedangkan sales akan fokus pada peningkatan penjualan dan sasaran untuk produk sudah ditentukan oleh marketing

  1. Strategi

Marketing akan memiliki strategi khusuh untuk memasarkan produk. seorang marketing akan memikirkan dan memperhatikan segala kemungkinan yang akan terjadi. Biasanya marketing akan menggunakan strategi 4P atau 7P. Sales adalah bagian dari cara marketing untuk meningkatkan penjualan produk.

  1. Fokus

Cakupan marketing lebih luas dari sales, karena marketing akan berbicara tentang bagaimana menjual sebuah produk dan memikirkan segala kemungkinan untuk sebuah produk. selain itu marketing juga akan fokus pada kepuasan konsumen terhadap produk yang dipasarkan. Berbeda dengan sales, sales hanya terfokus untuk meningkatkan penjualan dari sebuah produk. Dan semua strategi penjualan sudah dirancang oleh marketing. Dengan begitu sales akan berhubungan langsung dengan konsumen.

Demikian tadi adalah perbedaan antara sales dan marketing. Jadi kalian bisa memahami lebih tentang sebuah pekerjaan yang terfokus pada produk. keduanya memang menentukan penghasilan dari perusahaan, namun tugas keduanya berbeda. dapat disimpukan bahwa pekerjaan marketing lebih luar dari pada perkerjaan dari sales. Dan tentu saja gaji yang didapatkan akan lebih banyak dari pada sales.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *