7 cara komunikasi interpersonal di tempat kerja yang membuat anda lebih berpengaruh di Tim Project

Manusia adalah makhluk sosial. Mereka tidak bisa hidup sendiri. Oleh karena itu pula, setiap harinya manusia pasti membutuhkan interaksi kontak dengan manusia lainnya. Salah satunya adalah berkomunikasi. Berkomunikasi dengn baik juga menjadi salah satu faktor yang akan mempengaruhi kehidupan anda baik di lingkungan pergaulan, dan juga di lingkungan kerja anda. Dalam dunia kerja terutama jika anda berada dalam sebuah lingkup kantor tentu interaksi komunikasi dengan rekan kerja adalah hal yang paling penting untuk dilakukan.

Apa itu komunikasi interpersonal

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, manusia adalah makhluk sosial yang oleh karena itu mereka selalu membutuhkan kontak dan atau interkasi dari manusia lainnya. Salah satu bentuk interaksi yang dilakukan adalah interaksi verbal atau berbicara. Dalam berbagai aspek kehidupan, komunikasi ini sangat diperlukan dan dibutuhkan. Apalagi jika anda adalah seorang pekerja yang tentunya membutuhkan sebuah kerja tim yang bagus untuk mewujudkan tujuan organisasi. Untuk itu maka anda butuh komunikasi interpersonal yang baik. Apa itu komunikasi interpersonal? Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang dilakukan dengan orang lain baik secara langsung dan bisa langsung diketahui feedback (umpan balik). Jadi komunikasi interpersonal ini bukan hanya komunikasi yang terjadi dengan tatap muka secara langsung namun juga bisa dengan cara yang lainya misalnya melalui teknologi perpesanan seperti SMS, atau media sosial lain.

Komunikasi interpersonal

Tujuan dari komunkasi interpersonal adalah menemukan personal atau pribadi lain. Ya, komunikasi interpersonal ini bisa dijadikan sebagai cara untuk mengetahui pribadi lain secara lebih mendalam. Komunikasi interpersonal juga bisa memberikan pengetahuan lebih jauh tentang seperti apa diri kita ini. Oleh karena itu, komunikasi interpersonal ini sangat dibutuhkan bagi anda yang berada dalam dunia kerja. Dalam dunia kerja yang mungkin anda berposisi atau berperan sebagai leader maka anda memerlukan komunikasi interpersonal ini untuk menjadi seorang pemimpin sejati. Ada beberapa cara komunikasi interpersonal yang ada dan akan dijelaskan di bawah ini.

  • Jangan mencoba untuk membaca pikiran orang lain
  • Perlakukan orang lain seperti keluarga anda sendiri
  • Jangan malu
  • Ikuti kata hati anda
  • Tersenyumlah lebih sering, walaupun anda sedang dalam kondisi yang tidak memungkinkan
  • Fokus pada masa depan bukan masa lampau
  • Bagikan informasi bukan argumen anda

Di atas setidaknya ada 7 cara komunikasi interpersonal agar bisa mendapatkan tujuan yang anda inginkan. Nomor satu adalah jangan mencoba untuk membaca pikiran orang lain. Berhenti menduga-duga apa yang sedang lawan bicara anda coba katakan. Hal ini hanya akan mengurangi komunikasi interpersonal anda. hal ini juga bisa menimbulkan konflik dengan lawan bicara anda. yang kedua adalah perlakukan orang lain (lawan bicara anda) seperti keluarga anda sendiri. Dengan memposisikan orang lain seperti keluarga anda sendiri maka seharusnya kita bisa menghargai dan menghormati apa yang sedang orang lain (lawan bicara) sedang coba katakan kepada anda. dengan menganggap orang lain seperti keluarga sendiri juga akan memberikan kesan hangat saat terjadi komunikasi interpersonal ini.

Kunci untuk bisa menjalin komunikasi interpersonal yang baik adalah jangan malu. Ungkapkan apa yang sedang anda pikirkan dan coba katakan. Jangan malu dengan apa yang akan anda katakan. Di sisi lain anda juga harus bisa menghargai apa yang sedang lawan bicara anda bicarakan atau katakan kepada anda.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam komunikasi interpersonal ini adalah ikuti selalu apa kata hati anda. ketika anda berpikiran ingin melakukan sesuatu saat komunikasi interpersonal terjadi, maka lakukanlah selama itu tidak menimbulkan kerugian bagi orang lain. Dan lagi usahakan anda selalu dalam keadaan tersenyum ketika melakukan  komunikasi interpersonal ini. selalu tersenyum saat berbicara dengan lawan bicara dan atau sedang mendengarkan lawan bicara anda tentunya bisa menambah akurasi dari komunikasi interpersonal yang sedang terjadi. Hal ini juga bisa mencairkan suasana jika topik yang sedang dibicarakan terlalu serius. Dengan selalu tersenyum ini maka lawan bicara anda juga bisa lebih nyaman ketika akan megutarakan pendapat dan atau memberikan saran kepada anda. oleh karena itu, selalu tersenyum ini sangat berguna ketika anda sedang menjalani komunikasi interpersonal.

Dan selanjutnya dalam komunikasi interpersonal adalah fokus pada masa depan bukan masa lampau. Jika anda sedang berbicara dengan seseorang, kurangi rasa keingintahuan anda akan masa lalu. Atau jika sudah ada pengalaman pahit yang terjadi antara anda dengan lawan bicara anda maka usahakan jangan menyinggung hal tersebut. Jika lawan bicara anda menyinggung akan hal tersbut maka anda bisa menanggapi secukupnya dan mulai mengalihkan topik pembicaraab ke hal hal lain. Dan yang terakhir agar komunikasi interpersonal berjalan dengan baik adalah ungkapkan informasi bukan argumen. Mengungkapkan argumen boleh saja, namun hanya pada batasan yang wajar. Jangan seakan akan anda menyetir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *