5 Karakter Leadership Inilah Yang Menjadikan Perusahaan Tahan Banting Di Tengah Krisis

Sifat sebagai seorang leader memang bukan dihasilkan dari garis tangan atau takdir seseorang. Untuk menjadi seorang leader atau biasa disebut juga sebagai pemimpin ini bisa anda mulai dari diri anda sendiri. Untuk membangun sifat kepemimpinan atau leadership ini bisa anda mulai dari lingkup kecil. Ya, untuk membangun sifat leadership ini bisa dibangun mulai dari lingkup terkecil anda. mulailah dari keluarga atau lingkup teman teman dekat anda. Seorang leader atau pemimpin adalah seseorang yang disegani bukan ditakuti. Kemampuan dan kharisma kewibawaan yang dimilikilah yang bisa menjadikan seseorang menjadi seorang pemimpin atau leader.Dalam dunia kerja, sifat sifat leadership ini akan lebih memudahkan anda dalam melakoni perjalanan karir anda dala bekerja. Memiliki sifat leadership ini juga berguna bagi anda karena dengan sifat leadership anda bisa lebih memiliki banyak teman.

Pengertian leadership adalah

Kepemimpinan atau sifat leadership sesungguhnya tidak ditentukan oleh pangkat dan atau jabatan seseorang. Kepemimpinan atau leadership ini adalah sesuatu yang muncul dari dalam diri seseorang. Seperti yang sudah disinggung di awal artikel ini, leadership dan atau kepemimpinan ini bukan sesuatu yang ditentukan oleh garis tangan dan atau takdir. Sifat kepemimpinan ini bisa dibangun dari dalam diri anda sendiri. Kepemimpinan sendiri bisa diartikan sebagai sebuah keputusan seseorang yang merupakan hasil dari proses perubahan karakter yang dialami baik sengaja ataupun tidak dan juga transformasi internal dalam diri.

Kepemimpinan bukanlah sebuah gelar atau jabatan. Pengertian leadership adalah sebuah sebuah sifat yang dimiliki seseorang yang diperoleh baik dari pengalaman dan atau latihan. Ketika sudah bisa  menemukan visi dan misi dalam hidupnya, ketika seseorang bisa memberi pengaruh kepada lingkungan baik dengan ucapan, perilaku dan tindakan, ketika keberadaan seseorang bisa membawa perubahan dalam sebuah lingkungan maka saat itu pula orang itu bisa disebut sebagai seorang pemimpin.

Teori Leadership

Ada banyak para ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai leadership ini atau sifat kepemimpinan ini. Salah satunya adalahteori leadership Krenier dan Hersey. Kreiner menyatakan bahwa leadership dan atau kepemimpinan adalah sebagai suatu proses mempengaruhi orang lain dimana seorang pemimpin mengajak pengikutnya dan pengikutnya ini akan secara sekarela berpartisipasi guna mencapai tujuan organisasi. Sedangkan menurut Hersey menyatakan jika leadership adalah ebuah usaha untuk mempengaruhi orang lain dan atau kelompok. Seorang pemimpin atau leader harus mampu memadukan unsur kekuatan diri, wewenang,  dan juga kemampuan sosial untuk bisa mempengaruhi orang lain. Dibawah ini setidaknya ada 5 teori leadership yang ada.

  • Transformational leadership
  • Situational leadership
  • Behavioral theory
  • Traits theory
  • Genetic theory

Di atas adalah beberapa teori dari leadership atau kepemimpinan yang ada. Jadi, kepemimpinan ini atau juga disebut leadership bisa didapatkan dari berbagai macam cara. Yang pertama bisa datang dari penyempurnaan diri dari kelemahan kelemahan yang ada. Ada pula mendapatkan sifat kepemimpinan ini dengan genetik. Jadi ada beberapa orang yang memang sudah ditakdirkan memiliki sifat dan atau ciri kepemimpinan. Adapula beberapa karakter dari kepemimpinan yang bisa dimiliki, antara lain akan dijelaskan dibawah ini.

Pemimpin atau leader yang ideal adalah mereka yang jujur. Pemimpin atau leader yang jujur akan memberikan  keterbukaan dalam memberikan segala informasi untuk kepentingan kelompok. Pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang rela berkorban, artinya adalah pemimpin bisa berkorban demi kepentingan organisasi atau kelompok dan menduakan kepentingan pribadi. Pemimpin yang ideal juga mereka yang memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap bawahannya atau pengikutnya. Pemimpin yang ideal juga adalah bagi mereka yang cerdas dan mampu memecahkan berbagai persoalan yang terjadi dalam lingkup organisasi. Selain itu, pemimpin yang ideal juga akan memiliki pemikiran inisiatif yang tentunya untuk memecahkan persoalan yang ada dan terjadi di lingkungan organisasi.

Perbedaan bos dan leader

Banyak sekali perbedaan bos dan leader. Perbedaan pertama dan palin mendasar adalah pemimpin dicintai pengikutnya dan bos adalah mereka yang dibenci bawahannya. Perbedaan lainnya yang ada antara bos dan leader juga terdapat pada gaya kepemimpinan. Bos menggunakan manusia, pemimpin mengembangkannya. Seorang Bos adalah mereka yang hanya memeras bawahan atau pekerjanya, sedangkan leader adalah mereka yang mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh bawahannya. Bos memberikan rasa takut, pemimpin mendapat rasa hormat. Mereka yang dipanggil Bos adalah mereka yang ditakuti oleh bawahannya, sedangkan pemimpin atau leader adalah mereka yang dihormati dan disegani karena kemampuannya.Bos adalah mereka yang memerintah bawahannya, sedangkan seorang leader adalah mereka yang ada untuk memimpin bawahannya. Ada pula perbedaan bos dan leader adalah bos mengambil penghargaan dari hasil kerja keras bawahannya, sedangkan seorang pemimpin atau leader adalah mereka yang memberikan penghargaan berupa reward kepada pengikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *